Link Download Kalender 2023 Semua Format dan Berbagai Tema

Zulu.idDownload Kalender 2023 yang akan menjadi pelengkap kamu diakhir-akhir tahun 2022 yang sebentar lagi segera berakhir.

Tidak terasa bahwa akhir tahun 2022 hanya tinggal menghitung hari saja dan memasuki tahun baru, hari baru, suasana baru 2023.

Sebab walaupun zaman sekarang bisa melihat kalender di handphone, tetapi akan kurang lengkap jika tidak memiliki kalender yang dipasang dirumah.

Beberapa Jenis Kalender Yang Perlu Diketahui Sebagai Referensi Download Kalender 2023

Beberapa Jenis Kalender Yang Perlu Diketahui Sebagai Referensi Download Kalender 2023

Kalender sebenarnya dibuat untuk memudahkan masyarakat seluruh dunia untuk dapat mengetahui nama-nama dari periode waktu tertentu dalam jangka waktu setahun.

Nama-nama yang dimaksudkan adalah tanggal-tanggal yang ada dalam kalender tersebut yang didapat berdasarkan dari gerakan-gerakan dan perputaran Matahari & Bulan.

Di Indonesia sendiri, terdapat 6 jenis kalender yang diketahui masih sering dipakai oleh seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Apa sajakah kira-kira jenis-jenis kalender di Indonesia yang masih apik dipakai oleh warganet dari zaman dahulu sampai saat ini?

1. Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah ini umumnya sangat sering dipakai oleh masyarakat Indonesia yang menganut Agama Islam. Sebab seperti hal yang wajib untuk setidaknya mengetahui bulan-bulan dalam Islam.

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan sebuah negara dengan penganut Agama Islam yang menjadi mayoritas agama masyarakatnya.

Bukan hanya di Indonesia, kalender Hijriyah ini sangat lumrah dipakai di luar negeri yang memang terdapat penganut ajaran Islam didalamnya.

Untuk mengetahui bulan-bulan dan peringatan-peringatan hari penting bagi umat Islam seperti bulan Ramadhan, atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, dll.

Perhitungan yang dipakai dalam kalender Hijriyah dimulai sejak terjadinya peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah tahun 622.

Berikut adalah daftar bulan-bulan yang diperkirakan di tahun 2023 atau 1444 Hijriyah sebagai informasi kamu sebelum menDownload Kalender 2023 nantinya.

  • (January 2023) bulan Jumadil-Akhirah – Rajab
  • (February 2023) bulan Rajab – Sya’ban
  • (Maret 2023) bulan Sya’ban – Ramadan
  • (April 2023) bulan Ramadan – Sya’wal
  • (Mei 2023) bulan Sya’wal – Dzulqaidah
  • (June 2023) bulan Dzulqaidah – Dzulhijah
  • (July 2023) bulan Dzulhijah – Muharam
  • (August 2023) bulan Muharam – Shafar
  • (September 2023) Shafar – Rabi’ul-Awal
  • (October 2023) Rabi’ul-Awal – Rabi’ul Akhir
  • (November 2023) Rabi’ul Akhir – Jumadil-Ula
  • (Desember 2023) Jumadil-Ula – Jumadil-Akhirah

Pada setiap bulannya, biasanya akan ada peringatan-peringatan hari untuk melakukan Puasa Sunnah yang biasa disebut dengan Puasa Ayyamul Bidh.

Ini adalah daftar hari besar dalam Kalender Hijriyah yang tidak masuk dalam Kalender Masehi, simak selengkapnya dibawah ini.

2. Kalender Masehi

Kalender Masehi ini merupakan salah satu kalender yang hampir digunakan oleh seluruh masyarakat dari seluruh dunia.

Tujuannya yaitu mempermudah komunikasi antar dunia untuk menjanjikan momen-momen penting atau peristiwa-peristiwa penting.

Bulan-bulan yang terdapat dalam Kalender Masehi adalah seperti yang sudah diketahui yaitu dari Januari sampai dengan Desember.

Menurut kompas.com, Kalender Masehi ini juga memiliki perhitungan yang berdasarkan dari perputaran Bumi yang mengelilingi Matahari.

Oleh karena itulah banyak orang yang menyebut tahun Masehi dengan Tahun Matahari ataupun Tahun Syamsiah. Sebab hitungan hari didalamnya dihitung dari jumlah waktu yang dipakai Bumi untuk berotasi.

Jumlah waktu tersebut membutuhkan sekitar satu tahun lamanya, atau sama dengan satu tahun revolusi yang terdapat 365.25 hari.

Digunakan untuk yang pertama kalinya di benua Eropa yang menjadi benua pertama saat itu yang menggunakan Kalender Masehi tersebut.

Paus Gregorius yang saat itu mengambil tindakan untuk mengembangkan kembali kalender ini selama 5 tahun bersama dengan Aloysius Lilius.

Pengembangan tersebut mendapatkan hasil bahwa sistem kabisat hanya berlaku pada tahun 2000-an, tidak berlaku untuk tahun-tahun sebelumnya.

Seperti layaknya tahun 1700-1900 yang mana tahun tersebut tidak habis dibagi 400, maka sistem tahun kabisat tidak dapat digunakan.

Juga terjadi perubahan pada tahun baru Kalender Masehi yang awalnya pada 25 Maret menjadi 1 Januari hingga sekarang masih digunakan.

3. Kalender Sunda

Sebenarnya Kalender Sunda ini sudah sangat jarang digunakan oleh masyarakat di Indonesia dan juga jarang masyarakat yang mengetahuinya.

Tetapi karena masih ada yang menggunakannya dari suku-suku Sunda, sekalian kami bahas sebagai referensi dan informasi Download Kalender 2023.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara Kalender Sunda dengan Kalender Masehi, hanya berbeda pada letak penamaan bulannya saja.

Kami akan menjelaskan dibawah ini urutan-urutan yang digunakan dalam Download Kalender 2023 untuk Kalender Sunda yang memulai urutan dari Januari-Desember.

  • Kartika (Januari)
  • Margasira (Februari)
  • Posya (Maret)
  • Maga (April)
  • Palguna (Mei)
  • Setra (Juni)
  • Wesaka (Juli)
  • Yesta (Agustus)
  • Asada (September)
  • Srawana (Oktober)
  • Badra (November)
  • Asuji (Desember)

Untuk jumlah hari dalam satu bulannya tidak jauh berbeda dengan Kalender Masehi yaitu ada yang 29 sampai dengan 30 hari.

4. Kalender Saka Bali (Sudah Dikembangkan Dari Kalender Saka)

Sama halnya dengan Kalender Hijriyah yang banyak digunakan oleh masyarakat beragama Islam, Saka Bali juga digunakan oleh yang beragama Hindu.

Lebih tepatnya lagi yaitu masyarakat-masyarakat beragama Hindu yang tinggal dan menetap di Bali. Kalender Saka Bali ini masih sering digunakan disana bahkan sampai sekarang.

Mungkin untuk yang bukan beragama Hindu, tidak akan mengetahui Kalender Saka Bali karena penggunaannya yang hanya sebagian agamanya saja.

Kalender ini merupakan bentuk kalender yang sudah dilakukan pengembangan dari Kalender Saka yang dilakukan modifikasi oleh budaya-budaya kedaerahan.

Perhitungan dalam Kalender Saka Bali menggunakan perhitungan Matahari dan Bulan, namun masih dilakukan kompromi-kompromi dan musyawarah sampai sekarang.

Dalam kompromi-kompromi serta musyawarah tersebut juga terdapat konvensi terkait bagaimana cara perhitungan yang tepat yang dipakai Kalender ini.

Jadi mungkin bisa dibilang bahwa sampai saat ini, Kalender Saka Bali masih memerlukan sebuah pengembanga lebih lanjut terkait perhitungan didalamnya.

5. Kalender Saka (Versi Awal Kalender Saka)

Kalender Saka ini berasal dari Negara India yang menggabungkan perhitungannya berdasarkan Matahari dan Bulan sama seperti Kalender Saka Bali.

Mulai digunakan pada tahun 78 Masehi oleh masyarakat Indonesia yang tinggal dibagian barat sebelum akhirnya ajaran Islam masuk di Nusantara.

Namun Kalender Saka ini dilakukan sejumlah modifikasi khususnya oleh masyarakat Indonesia dari suku Jawa dan juga Bali.

Yang mana dalam hasil perubahan modifikasi tersebut ditambahkan dengan cara perhitungan dan penanggalan yang digunakan masyarakat lokal.

Setelah ajaran agama Islam masuk di Mataram, Sultan Agung memperkenalkan Kalender Jawa Islam yang merupakan persatuan antara Kalender Islam & Saka.

6. Kalender Jawa

Kalender yang satu ini merupakan Kalender dengan cara perhitungan dan penanggalan yang cukup rumit jika ditelaah.

Yakni perhitungan dalam Kalender Jawa menggunakan 2 jenis perhitungan yaitu siklus mingguan dan siklus pancawara.

Siklus mingguan memiliki jumlah hari yang sama seperti biasanya yaitu 7 hari, sedangkan Pancawara hanya terdiri dari 5 hari pasaran.

Pada tahun 1625 Masehi, Sultan Agung yang melakukan perpaduan antara budaya-budaya tersebut mengubah penanggalan Saka.

Tetapi pada saat itu Saka tetap diteruskan demi asas kesinambungan sehingga yang berubah hanya dari 1600 Saka menjadi 1600 Jawa.

Kalender ini bahkan sampai saat ini masih sering digunakan oleh masyarakat Jawa dan sudah diketahui oleh sebagian dari masyarakat Indonesia.

Download Kalender 2023 dan juga Kalender Jawa bagi kamu yang nantinya ingin juga menggunakannya sebagai penanggalan di tahun 2023.

Konsep-Konsep Download Kalender 2023 Yang Dapat Kamu Gunakan

Konsep-Konsep Download Kalender 2023 Yang Dapat Kamu Gunakan

Menurut website Snapy.co.id, terdapat 3 fungsi dan kegunaan yang akan kamu dapatkan dari penggunaan kalender-kalender yang kamu gunakan.

Diantaranya yaitu sebagai pengingat waktu, dekorasi, dan juga media promosi sebagai kegunaannya. Fungsi-fungsi dan kegunaan tersebut dapat kamu manfaatkan dengan baik untuk kebutuhan kamu masing-masing.

Download Kalender 2023 menjadi suatu hal yang wajib kamu punya untuk menyambut tahun baru yang sudah didepan mata.

Untuk itulah, alangkah baiknya kamu memahami fungsi-fungsi dari Download Kalender 2023 yang mungkin akan membuat kamu semakin yakin untuk memilikinya.

Akan kami jelaskan dibawah ini penjelasan dari ketiga fungsi dan kegunaan yang akan kamu dapatkan jika memiliki Download Kalender 2023.

1. Sebagai Pengingat Waktu

Pengingat waktu ini menjadi fungsi dan kegunaan utama dari fungsi-fungsi lainnya yang berperan besar dalam keseharian kamu masing-masing.

Fungsinya adalah sebagai pengingat waktu seperti bulan, tanggal, dan tahun serta hari-hari besar dan penting lainnya.

Hal tersebut akan sangat berguna untuk kamu mengetahui tanggal/bulannya setiap hari, karena masih banyak orang yang melupakan hal tersebut.

Misalnya untuk membuat janji dengan kerabat atau keluarga agar tidak membuat jadwal di waktu yang bersamaan sehingga tidak bentrok.

Atau sebagai pengingat waktu kerja dan kegiatan masing-masing serta tanggal gajian yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Biasanya pada kalender cetak yang sudah kamu Download Kalender 2023, kamu akan menandai tanggal-tanggal tertentu sebagai pengingat.

Pengingat ulang tahun keluarga tercinta, kerabat terdekat, atau bahkan pasangan kamu yang mana tidak ingin terlewatkan/lupa pada hari tersebut.

Karena biasanya orang-orang tersebut jarang sekali melihat kalender yang tadi sudah di Download Kalender 2023 bahkan yang ada di handphonenya.

Hal-hal seperti diatas tadi sangat lumrah sekali terjadi di sebagian masyarakat Indonesia, sehingga fungsi Download Kalender 2023 menjadi nihil.

Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, hal-hal sepele seperti lupa hari tidak akan terjadi kalau kamu sudah menDownload Kalender 2023 ini.

Jadi jangan sampai kamu kelewatan untuk Download Kalender 2023 dan siap menyambut tahun baru 2023 dengan menyenangkan.

2. Sebagai Dekorasi Dinding Dirumah

Selain sebagai fungsi utamanya menjadi pengingat kamu, kalender-kalender ini juga dapat berfungsi mempercantik dinding-dinding dirumah kamu.

Kamu bisa Download Kalender 2023 dan mencetaknya lalu memasangnya di dinding ruang tamu, atau bahkan di kamar kamu.

Sebab kalau kamu dapat mengexplore lebih dalam, kalender-kalender ini banyak sekali memiliki model-model design yang cantik-cantik.

Sudah banyak para penjual di Indonesia yang memproduksi kalender dengan model-model cantik bahkan sampai bisa dicustom lho!

Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan menghias kalender yang hanya berganti setiap setahun sekali ini di rumah-rumah kamu.

3. Sebagai Media Promosi

Seperti yang dikatakan pada penjelasan sebelumnya bahwa di Indonesia sudah banyak sekali penjual yang memproduksi kalender-kalender.

Hal tersebut ternyata memiliki fungsi dan kegunaan yang lain yaitu sebagai media promosi sang penjual-penjual agar nama produknya lebih dikenal.

Contohnya dengan memberikan watermark nama toko atau pabrik yang memproduksi kalender tersebut sehingga para pelanggan mengetahuinya.

Sebab pelanggan bisa datang darimana saja, misal kamu memiliki tetangga dan ia memiliki kalender yang sangat cantik dan bagus.

Kamu merasa tertarik dan ingin juga memiliki kalender tersebut dirumah kamu, kamu akan mendapatkan informasi mengenai penjualnya dalam kalender tersebut.

Karena itu tadi, sang penjual sudah memberikan watermarknya pada produk-produk yang dijual sehingga kalender-kalendernya menjadi media promosinya juga.

Fungsi ini akan sangat berguna untuk kamu yang juga memiliki usaha-usaha memproduksi kalender dengan model-model dan style yang menarik.

Kegunaan dari Download Kalender 2023 ini menjadi fungsi yang paling memberikan keuntungan lebih besar jika kamu dapat memanfaatkannya dengan baik.

Jadwal Hari Libur Nasional Pada Download Kalender 2023

Jadwal Hari Libur Nasional Pada Download Kalender 2023

Berikut ini adalah beberapa jadwal yang diperkirakan menjadi hari libur nasional yang akan terjadi pada tahun baru 2023 nantinya.

Hari Libur Nasional Tanggal
Tahun Baru 1-Januari-2023
Tahun Baru Imlek 22-Januari-2023
Memperingati Isra’ Mi’raj 18 Februari 2023
Hari Raya Nyepi 22-Maret-2023
Wafat Isa Al-Masih 7-April-2023
Hari Raya Idul Fitri 1444 H 22 & 23-April-2023
Hari Buruh 1-Mei-2023
Kenaikan Isa Al-Masih 18-Mei-2023
Hari Pancasila 1-Juni-2023
Hari Raya Waisak 4-Juni-2023
Hari Raya Idul Adha 1444 H 29-Juni-2023
Tahun Baru Islam 19-Juli-2023
Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 28-September-2023
Hari Raya Natal 25-Desember-2023

Link Download Kalender 2023 Lengkap Dengan Berbagai Format

Link Download Kalender 2023 Lengkap Dengan Berbagai Format

Dibawah ini kami akan menyediakan tabel lengkap mengenai Download Kalender 2023 dengan beberapa format seperti PDF/JPG/Excel, dll.

Format Download Link Download
Kalender 2023 (JPG) Disini
Kalender 2023 (Excel) Disini
Kalender 2023 (PDF) Disini
Kalender 2023 (AI) Disini
Kalender 2023 (CDR) Disini
Kalender 2023 (PNG) Disini

Cara Mencetak Kalender 2023

Cara Mencetak Kalender 2023

Untuk kamu yang ingin mencetaknya setelah mendownload pada link yang kami sediakan diatas, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya.

  1. Download Kalender 2023 dengan format yang sesuai keinginan kamu.
  2. Setelah mendownloadnya, datanglah ke fotocopy terdekat dan cetak kalender disana.
  3. Atau kamu dapat mencetaknya sendiri dengan memilih “Cetak” pada file tersebut.

Akhir Kata

Demikian informasi seputar Download Kalender 2023, semoga bermanfaat dan mari sambut tahun baru 2023 dengan hati yang lapang.